Percetakan & Sablon, Cetak Undangan, Kartu Nama, Cetak Foto Media Kayu, Gantungan Kunci Bambu, Pin & Bros, Plakat, Sablon Mug, Sablon Kaos, Sablon Topi, Dll. WA : 0878 2019 7027 Email: pangrangoprint@gmail.com

2/21/2017

Perbedaan Haji dan Umroh


Perbedaan Haji dan Umroh

 
http://pangrangoprint.blogspot.co.id/

 

Pengertian Ibadah Haji

Haji (bahasa Arab: حج‎ transliterasi: Hajj) adalah rukun Islam yang kelima setelah syahadat, salat, zakat dan puasa. Menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslim sedunia yang mampu dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di Arab Saudi pada suatu waktu yang dikenal sebagai musim haji (bulan Zulhijah). Hal ini berbeda dengan ibadah umrah yang bisa dilaksanakan sewaktu-waktu.

Kegiatan inti ibadah haji dimulai pada tanggal 8 Zulhijah ketika umat Islam bermalam di Mina, wukuf di Padang Arafah pada tanggal 9 Zulhijah, dan berakhir setelah melempar jumrah pada tanggal 10 Zulhijah. Masyarakat Indonesia lazim juga menyebut hari raya Idul Adha sebagai Hari Raya Haji karena bersamaan dengan perayaan ibadah haji ini.

 

Pengertian Ibadah Umrah

Umrah (bahasa Arab: عمرة) adalah salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam. Hampir mirip dengan ibadah haji, ibadah ini dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa ritual ibadah di kota suci Mekkah, khususnya di Masjidil Haram.

Pada istilah teknis syari'ah, Umrah berarti melaksanakan tawaf di Ka'bah dan sa'i antara Shofa dan Marwah, setelah memakai ihram yang diambil dari miqat. Sering disebut pula dengan haji kecil.

Perbedaan Haji dengan Umrah

Dari pengertian kedua ibadah diatas dapat disimpulkan perbedaan haji dengan umrah yaitu :
  • Ibadah haji hanya bisa dilakukan sekali dalam setahun, sedangkan ibadah umrah dapat dilakukan setiap hari dalam setahun kecuali hari ibadah haji.
  • Ibadah haji waktu pelaksanaannya lebih lama karena rangkaian ritual ibadah haji lebih banyak memakan waktu dibandingkan dengan ibadah umrah. Orang melakukan ibadah haji paling cepat dilakukan minimal empat hari, sedangkan ibadah umrah biasanya hanya membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam saja pelaksanaannya, karena secara praktek, kita hanya butuh 3 pekerjaan ringan, yaitu berihram dari miqat, bertawaf tujuh kali putaran di sekeliling Ka’bah, lalu berjalan kaki antara Shafa dan Marwah tujuh kali putaran, dan bercukur lalu selesai.
  • Pelaksanaan ibadah haji lebih memerlukan kekuatan atau fisik yang lebih baik dibandingkan dengan ibadah umrah, karena ibadah haji ritual yang dilakukan lebih banyak dan lebih rumit dibandingkan ibadah umrah.
  • Hukum ibadah haji adalah wajib sedangkan hukum ibadah umrah adalah sunnah.

Sumber : 
https://id.wikipedia.org/wiki/Haji
https://id.wikipedia.org/wiki/Umrah
http://www.kuliah.info/2015/05/pengertian-dan-perbedaan-haji-dan-umroh.html
Share:

Arsip Blog