Percetakan & Sablon, Cetak Undangan, Kartu Nama, Cetak Foto Media Kayu, Gantungan Kunci Bambu, Pin & Bros, Plakat, Sablon Mug, Sablon Kaos, Sablon Topi, Dll. WA : 0878 2019 7027 Email: pangrangoprint@gmail.com

2/21/2017

Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae


 Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae

 http://pangrangoprint.blogspot.co.id/

Pengertian Gymnospermae

Gymnospermae adalah tumbuhan berbiji terbuka yang merupakan kelompok tumbuhan berbiji yang bijinya tidak terlindung dalam bakal buah (ovarium). Pada Gymnospermae, biji terekspos langsung atau terletak di antara daun-daun penyusun strobilus atau runjung.

http://pangrangoprint.blogspot.co.id/
masbidin.net/perbedaan-gymnospermae-dan-angiospermae
Gymnospermae telah hidup di bumi sejak periode Devon (410-360 juta tahun yang lalu). Pada saat itu, Gymnospermae banyak diwakili oleh kelompok yang sekarang sudah punah dan kini menjadi batu bara: Pteridospermophyta, Bennettophyta dan Cordaitophyta. Anggota yang lain dapat melanjutkan keturunan hingga saat ini.

Contoh tumbuhan Gymnospermae diantaranya ialah pakis haji (cycadophyta), ginkgo (ginkgo biloba), melinjo (gnetum gnemon), pinus merkusii (coniferophyta), dan tumbuhan lainnya.

Pengertian Angiospermae

Angiospermae adalah golongan tumbuhan yang menghasilkan biji dengan keadaan terlindungi oleh karpel (daun buahnya) dan pembuahannya ganda, serta memiliki alat perkawinan berupa bunga sehingga disebut juga Anthophyta. Angiospermae memiliki nama lain yaitu Magnoliophyta. Contoh tumbuhan Angiospermae adalah mangga, tomat, jeruk keprok, dan lainnya.
http://pangrangoprint.blogspot.co.id/
masbidin.net/perbedaan-gymnospermae-dan-angiospermae
Nama Angiospermae diambil dari penggabungan dua kata bahasa Yunani Kuno yaitu aggeion, "penyangga" atau "pelindung" dan sperma, bentuk jamak untuk "biji" yang diperkenalkan oleh Paul Hermann pada tahun 1690. Dalam sebagian besar sistem taksonomi modern, kelompok ini sekarang menempati takson sebagai divisio. Namun, Sistem klasifikasi APG II dan pelanjutnya, Sistem klasifikasi APG III, yang berdasarkan pengelompokan filogeni versi APG, tumbuhan berbunga ditempatkan dalam suatu klad yang tidak menempati suatu takson dan dinamakan angiosperms.

Perbedaan Gymnosepermae dan Angiospermae

Perbedaan yang paling mudah terlihat ialah pada Gymnospermae, biji terekspos langsung atau terletak di antara daun-daun penyusun strobilus atau runjung. Sedangkan pada tumbuhan berbunga (Angiospermae atau Magnoliophyta), biji atau bakal biji selalu terlindungi penuh oleh bakal buah sehingga tidak terlihat dari luar.


Tabel Perbedaan Gymnosepermae dan Angiospermae

masbidin.net/perbedaan-gymnospermae-dan-angiospermae

Sumber : 
http://areaperbedaan.blogspot.co.id/2014/07/perbedaan-gymnospermae-dan-angiospermae.html
https://masbidin.net/perbedaan-gymnospermae-dan-angiospermae/

Share:

Arsip Blog