Percetakan & Sablon, Cetak Undangan, Kartu Nama, Cetak Foto Media Kayu, Gantungan Kunci Bambu, Pin & Bros, Plakat, Sablon Mug, Sablon Kaos, Sablon Topi, Dll. WA : 0878 2019 7027 Email: pangrangoprint@gmail.com

2/24/2017

Contoh Proposal Penelitian Angket


DAMPAK INTERNET TERHADAP SISWA MAN 2 CIANJUR


2016-2017

PROPOSAL PENELITIAN


Disusun dan diajukan untuk memenuhi salah satu tugas
Mata pelajaran sosiologi

Di bina oleh : 





Disusun Oleh :

Ade Ardian




MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 CIANJUR
2016-2017



A. Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi saat ini yang semakin pesat turut memunculkan pula media-media baru seperti internet. Teknologi informasi baru tersebut telah menyebabkan terjadinya revolusi digital. Informasi digital adalah pengubahan dari bunyi, gambar, dan teks ke dalam format yang terbaca oleh computer. Dengan mengubah bentuk yang di kodekan. Revolusi digital tersebut telah menyebabkan beberapa media lama mengalami transformasi fungsi seperti radio yang hanya suara tetapi sekarang telah menjadi saluran penting bagi informasi bunyi,visual,dan teks melalui internet.

Internet sebagai sekedar jaringan computer adalah tidak dapat di benarkan. Jaringan computer hanyalah medium yang membawa informasi. Daya guna internet terletak pada informasi itu sendiri, bukan pada jaringan computer, sehingga dapat di katakan bahwa internet merupakan sumberdaya informasi yang berorientasi ke manusia. Internet memberikan kesempatan pada pemakai seluruh dunia untuk mempergunakan sumber daya informasi tersebut secara bersama-sama. Dapat mengirim dan menerima informasi untuk hal ini di perlukan jaringan telekomunikasi dan computer yang memadai serta perangkat lunak sebagai browser ( penjelajah ).

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, dapat diidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan pengaruh dari internet, antara lain: 
  • Apakah teknologi informasi berupa internet berfungsi di semua kalangan pelajar ?
  • Apa dampak positif dan negatif pengaruh internet saat ini yang menyediakan berbagai layanan situs yang bebas dan mudah di akses oleh pelajar ?
  • Bagaimana peran dan serta orang tua untuk memonitori anak-anak tersebut ketika membuka internet ?

C. TUJUAN PENELITIAN 

Adapun tujuan penelitian ini berdasarkan rumusan masalah yang ada yakni:
  • Untuk mengetahui fungsi internet di kalangan masyarakat di bidang sosial  terutama untuk pelajar.
  • Untuk mengetahui apa dampak positif dan negatif pada pelajar karena terlalu sering menggunakan internet.


D. MANFAAT PENELITIAN

Adapun manfaat yang telah diperoleh dari penelitian ini adalah:
  • Menambah  pengetahuan khususnya bagi penulis dalam hal penelitian. 
  • Mengetahui  hubungan sosial budaya dengan teknologi informasi terutama internet yang saat ini sangat dibutuhkan oleh kalangan masyarakat.


E. LANDASAN TEORITIS

Internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama. Untuk dapat bertukar informasi, digunakan protocol standar yaitu Transmision Control Protocol dan internet Protocol yang lebih dikenal sebagai TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet. Anda bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan, speedy dan juga layanan ISP lain seperti first media, netzip dan sebagainya.Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan di dukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang fair dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat “perangkap jebakan” agar supaya si pengguna Internet bayar lebih mahal sampai ber juta-juta rupiah!!, lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet akses seperti warnet (warung internet), cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus, di kantor, dan terdapat juga di toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook), atau PDA, yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses Internet.
Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3) yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.   

F. HIPOTESIS

Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara siswa/siswi yang sering menggunakan internet dengan yang jarang menggunakan internet.

G. METODOLOGI PENELITIAN

  • Populasi : Seluruh siswa/siswi kelas X MAN Pacet Cianjur
  • Sampel  : Sampel dari populasi peneliti mengambil dari siswa/siswi kelas X
  • Teknik Pengumpulan Data : Pada penelitian ini pengumpulan data menggunakan Angket. Angket tersebut berisi identitas subjek yang terdiri dari nama, kelas, jenis kelamin dan tanggal penelitian. Maka angket yang digunakan adalah angket likert, sehingga responden hanya memilih jawaban yang telah disediakan.
  • Teknik Pengolahan Data :Pengolahan data peneliti yaitu dengan korelasi produk momen.
  • Teknik Analisis Data : Dalam penelitian kuantitatif kegiatan analisis data terbagi menjadi dua yakni kegiatan mendeskripsikan data dan melakukan uji statistik (inferensi) kegiatan mendeskripsikan data adalah menggambarkan data yang ada guna memperoleh bentuk nyata dari responden.


ANGKET/KUESIONAR
DAMPAK INTERNET TERHADAP
SISWA/SISWI MAN 2 CIANJUR 2016-2017

Catatan:
  • Isilah angket ini dengan jujur
  • Hasil angket tidak mempengaruhi terhadap nilai akhir kalian
  • Hasil angket tidak mempengaruhi terhadap point sanksi kalian
  • Hasil angket bersifat rahasia sehingga bersifat tidak akan memberikan pengaruh apapun terhadap kalian
  • Angket hanya dibutuhkan untuk hasil penelitian saja dan tidak akan di sebar luaskan.

NO
Pertanyaan
SS
S
RR
TS
STS
JML
1
Bagaimana pendapat Anda tentang internet?






2
Bagaimana pendapat Anda tentang perkembangan internet di masa sekarang ini?






3
Bagaimana pendapat Anda tentang informasi yang terdapat di internet?






4
Bagaimana manfaat informasi yang Anda dapatkan di internet?






5
Bagaimana pendapat Anda tentang komunikasi yang terdapat di internet?






6
Bagaimana manfaat komunikasi dalam internet?






7
Bagaimana pendapat Anda tentang hiburan yang terdapat di internet?






8
Bagaimana manfaat hiburan yang terdapat dalam internet?






9
Bagaimana peran internet dalam menunjang proses belajar?






10
Bagaimana pendapat Anda tentang facebook?






11
Bagaimana pendapat Anda tentang twitter?






12
Bagaimana pendapat Anda tentang youtube?






13
Bagaimana pendapat Anda tentang wikipedia?







14
Bagaimana pendapat Anda tentang mig33 dan ebuddy?






15
Bagaimana dampak penggunaan internet pada proses belajar Anda?






16
Bagaimana damapk internet terhadap prestasi belajar Anda?
17
Bagaimana dampak facebook terhadap proses belajar Anda?
18
Bagaimana dampak wikipedia terhadap proses belajar Anda?
19
Bagaimana dampak youtube terhadap proses belajar Anda?






20
Bagaimana pendapat Anda tentang akses internet di sekolah?








Share:

Arsip Blog