Percetakan & Sablon, Cetak Undangan, Kartu Nama, Cetak Foto Media Kayu, Gantungan Kunci Bambu, Pin & Bros, Plakat, Sablon Mug, Sablon Kaos, Sablon Topi, Dll. WA : 0878 2019 7027 Email: pangrangoprint@gmail.com

2/19/2017

Perbedaan Cuaca dan Iklim


Perbedaan Cuaca dan Iklim

http://pangrangoprint.blogspot.co.id

Pengertian Cuaca

Cuaca biasanya merupakan sebuah aktivitas fenomena yang terjadi di atmosfer Bumi atau sebuah planet lainnya dalam waktu beberapa hari. Aspek cuaca ini diteliti lebih lanjut oleh ahli klimatologi, untuk tanda-tanda perubahan iklim.

Cuaca terjadi karena suhu dan kelembaban yang berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Perbedaan ini bisa terjadi karena sudut pemanasan Matahari yang berbeda dari satu tempat ke tempat lainnya karena perbedaan lintang bumi. Perbedaan yang tinggi antara suhu udara di daerah tropis dan daerah kutub bisa menimbulkan jet stream.

Sumbu bumi yang miring dibanding orbit bumi terhadap Matahari membuat perbedaan cuaca sepanjang tahun untuk daerah sub tropis hingga kutub. Di permukaan bumi suhu biasanya berkisar ± 40° C. Selama ribuan tahun perubahan orbit bumi juga memengaruhi jumlah dan distribusi energi Matahari yang diterima oleh bumi dan memengaruhi iklim jangka panjang.

 

Pengertian Iklim

Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain. Studi tentang iklim dipelajari dalam klimatologi.

Iklim di suatu tempat di bumi dipengaruhi oleh letak geografis dan topografi tempat tersebut. Pengaruh posisi relatif matahari terhadap suatu tempat di bumi menimbulkan musim, suatu penciri yang membedakan iklim satu dari yang lain. Perbedaan iklim menghasilkan beberapa sistem klasifikasi iklim.

Berdasarkan posisi relatif suatu tempat di bumi terhadap garis khatulistiwa dikenal kawasan-kawasan dengan kemiripan iklim secara umum akibat perbedaan dan pola perubahan suhu udara, yaitu kawasan tropika (23,5°LU-23,5°LS), subtropika (23,5°LU-40°LU dan 23°LS-40°LS), sedang (40°LU-66,5°LU dan 40°LS-66,5°LS), dan kutub (66,5°LU-90°LU dan 66,5°LS-90°LS).

 

Perebedaan Cuaca dan Iklim

Perbedaan cuaca dan iklim ada pada rentang waktunya. Cuaca adalah kondisi atmosfer dalam periode waktu yang relatif singkat. Sedangkan iklim adalah bagaimana suasana atmosfer yang terjadi selama periode lebih lama.

Perbedaan lain dapat dilihat dari penyebab terjadinya yaitu cuaca terjadi karena suhu dan kelembaban yang berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya, sedangkan iklim di bumi sangat dipengaruhi oleh posisi matahari terhadap bumi.

Selain perbedaan ternyata ada juga persamaan antara cuaca dengan iklim diantaranya yaitu sama-sama memiliki unsur suhu udara, radiasi, tekanan udara, kelembaban udara, angin, curah hujan, intensitas penyinaran matahari, keadaan awan, embun, dan petir.

http://areaperbedaan.blogspot.co.id/2014/09/perbedaan-cuaca-dan-iklim.html
Share:

Arsip Blog