Percetakan & Sablon, Cetak Undangan, Kartu Nama, Cetak Foto Media Kayu, Gantungan Kunci Bambu, Pin & Bros, Plakat, Sablon Mug, Sablon Kaos, Sablon Topi, Dll. WA : 0878 2019 7027 Email: pangrangoprint@gmail.com


2/24/2017

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

http://pangrangoprint.blogspot.co.id/

Setelah sebelumnya kami menulis tentang Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi, kini kami akan share contoh-contoh Teks Laporan Hasil Observasi dengan penjelasannya yang kami kutip dari berbagai sumber.

Contoh Teks Hasil Observasi Hewan


Kuda

Pernyataan Umum:
Kuda merupakan salah satwa mamalia yang telah banyak menolong pekerjaan manusia selama ribuan tahun. Tenaga kuda banyak dimanfaatkan, misalnya untuk mengangkat barang. Sekarang, tidak sedikit olahraga yang melibatkan kuda, seperti pecuan kuda.

Anggota/aspek yang dilaporkan:
Kuda merupakan 1 dari 10 spesies modern mamalia dari genus Equus. Kuda salah satu hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis, dan sudah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.

Kuda bisa dinaiki oleh manusia dengan menggunakan sadel dan bisa pula digunakan untuk menarik sesuatu, seperti kendaraan beroda, atau bajak.

Pada beberapa daerah, kuda juga digunakan sebagai sumber makanan. Walaupun peternakan kuda diperkirakan sudah ada sejak tahun 4500 SM, bukti-bukti penggunaan kuda untuk keperluan manusia baru ditemukan terjadi sejak 2000 SM.

Kuda-kuda yang ringan, seperti kuda Morgan, Quarter Horse, Arab, Paint dan Thoroughbred beratnya bisa mencapai sekitar 590 kg. Kuda yang “berat” atau kuda beban, seperti misalnya Draft, Percheron, Clydesdale, dan Shire beratnya dapat mencapai hingga 907 kg.

Kucing

Pernyataan Umum:
Kucing adalah jenis hewan mamalia dari keluarga felidae.Kucing termasuk kedalam golongan karnivora yakni hewan pemakan daging.

Kucing bisa dikelompokan menjadi 2, yakni kucing besar dan kucing rumahan. Kucing besar diantaranya harimau, singa, cheetah, dan lainnya. Sedangkan kucing rumahan adalah jenis yang sangat populer sebagi hewan peliharaan.

Anggota/aspek yang dilaporkan:
Kucing rumahan bisa mencapai berat 16 kg, panjang 60 cm, dan tinggi 45 cm. Selain itu kucing mempunyai taring yang runcing dan cakar yang bisa ditarik serta dikelurkan sesuai kebutuhan. Penglihatan kucing sangatlah bagus.

Kucing jenis ini juga termasuk hewan penyendiri dimana masing-masing kucing mempunyai daerah sendiri. Bila ada kucing asing yang masuk biasanya akan terjadi perkelahian singkat.

Kucing yang sedang berkelahi akan menegakan rambut tubuhnya dan melengkungkan tubuhnya agar tampak lebih besar.

Serangan kucing umumnya berupa cakaran, gigitan, dan tamparan. Jantan yang aktif biasanya akan sering terlibat perkelahian.

Biasanya kucing peliharaan tidak berbahaya bagi manusia karena tubuhnya yang kecil. Tetapi tidak menutup kemungkinan hewan ini bisa menularkan penyakit. Penyakit yang mungkin ditularkan diantaranya rabies karena gigitannya dan gangguan pernafasan diakibatkan bulunya.

Kupu-Kupu

Pernyataan Umum: 
Kupu-kupu masuk kedalam kingdom Animalia. tepatnya dalam filum Arthropoda. Arthropoda adalah filum yang anggotanya merupakan hewan berkaki beruas-ruas atau berbuku-buku. 

Kupu-kupu merupakan hewan yang cukup beruntung karena masuk ke dalam filum yang merupakan filum hewan paling besar dalam jumlah maupun daerah distribusinya. 

Arthropoda dibagi menjadi 4 kelas lagi yakni Insecta, Arachnida, Crustacea, dan Myrrapoda. Kupu-kupu masuk ke dalam kelas Insecta.

Anggota/aspek yang dilaporkan:
Hewan ini merupakan hewan insecta yang bersayap (Pterygota). Saya kupu-kupu sangat indah, terdapat berbagai macam motif. Sayap kupu-kupu termasuk jenis sayap yang bersisik (Lepidoptera).

Tak sedikit orang yang takjub akan uniknya sayap kupu-kupu, sehingga ada orang yang mengawetkannya dengan tujuan sebagai koleksi. Sayap kupu-kupu juga membantu kita membedakan jenis-jenisnya.

Dalam perkembangan menuju kedewasaan, Pterygota mengalami metamorfosis. Metamorfosis pada Pterygota bisa dibedakan menjadi 2 yaitu Hemimetabola dan Holometabola.

Hemimetabola yaitu serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Sedangkan Holometabola yaitu serangga yang mengalami metamorfisis sempurna.

Kupu-kupu termasuk dalam golongan Holometabola karena mengalami metamorfosis sempurna dari ulat menjadi kupu-kupu dengan tahapan yakni telur, larva(ulat), pupa, dan imago.

Kupu-kupu juga berperan dalam ekosistem dimana kupu-kupu membantu tumbuhan melakukan penyerbukan. Bahkan kupu-kupu Bombix Mori bisa menghasilkan benang-benang sutra.

Contoh Teks Hasil Observasi Tanaman


BAYAM

Definisi umum
Bayam (Amaranthus spp.) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropic, namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting.

Deskripsi bagian
Bayam dapat tumbuh sepanjang tahun dan ditemukan pada ketinggian 2 – 5 dpl. Tumbuh di daerah panas dan dingin, tetapi tumbuhan lebih subur di dataran rendah pada lahan terbuka yang udaranya sedikit panas. Struktur tubuh tumbuhan ini tegak, condong, tinggi 0,4 – 1 m dan bercabang, batang lemah dan berair, daun bertangkai, berbentuk bulat telur, lemas, panjang 5 – 8 cm, ujung tumpul, pangkal runcing, serta warnanya hijau, merah, hijau keputihan, bunga dalam tunggal yang rapat, bagian bawah duduk ketiak, bagian atas berkumpul di karangan bunga di ujung tangkai dan ketiak bercabang, bunga berbentuk bulir.

Deskripsi manfaat
Bayam dimanfaatkan sebagai makanan berserat, sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kanker usus besar, penderita kencing manis, kolestrol tinggi, dan menurunkan berat badan. Bayam mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amarantin, dan vitamin A, B, D, dan C.

Sumber :
http://www.gurungapak.com/2016/12/contoh-dan-pembahasan-laporan-hasil.html
https://saraswatimarjo8.blogspot.co.id/2016/11/teks-laporan-hasil-observasi-sayuran.html
Share:

Arsip Blog