Percetakan & Sablon, Cetak Undangan, Kartu Nama, Cetak Foto Media Kayu, Gantungan Kunci Bambu, Pin & Bros, Plakat, Sablon Mug, Sablon Kaos, Sablon Topi, Dll. WA : 0878 2019 7027 Email: pangrangoprint@gmail.com

2/26/2017

Kaidah Teks Berita


Struktur dan Contoh Teks Berita Sesuai Kaidah 5WH1

 

Pengertian Teks Berita

Teks berita adalah jenis teks narasi yang melaporkan kejadian, peristiwa atau informasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi.

Sedangkan pengertian berita menurut KBBI – be·ri·ta n 1 cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yg hangat; kabar: semalam dia mendengar -- bahwa kampungnya dilanda banjir; 2 laporan: ia bertugas membuat -- harian; 3 pemberitahuan; pengumuman: -- redaksi; 2

Ciri-ciri Teks Berita

Untuk mengenali jenis teks bahwa teks tersebut merupakan sebuah teks berita maka kita harus mengetahui ciri-ciri dari teks berita itu sendiri, ciri-ciri teks berita ini selalu dilibatkan sebagai unsur pembuatan teks berita. jadi jika anda ingin membuat sebuah teks berita jangan lupa untuk melibatkan ciri-ciri teks berita.

Ciri-ciri dari teks berita meliputi faktual, aktual, unik dan menarik, berpengaruh bagi masyarakat luas, melibatkan waktu dan kronologi kejadian, objektif dan menggunakan bahasa baku, untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

1. Faktual

Faktual adalah suatu kejadian yang bersifat nyata, benar-benar terjadi dan tidak terikat oleh waktu, baik kejadian itu terjadi saat ini, atau di masa lalu.

Dalam teks berita harus engandung unsur terkini, terbaru, terhangat, baru saja atau sedang terjadi. Pengertian terbaru, bisa merupakan fakta terbaru yang ditemukan dari suatu peristiwa lama, atau peristiwa yang baru saja terjadi

2. Aktual

Aktual adalah suatu kejadian yang bersifat nyata dan benar-benar terjadi dan sedang hangat-hangatnya menjadi pembicaraan orang banyak, bersifat ke kinian atau baru.

3. Unik atau menarik

Teks berita harus unik atau berbeda penyampaiannya dengan yang lain dan dikemas dengan kata-kata yang menarik yang dapat menarik perhatian pendengar atau pembacanya.

Unsur menarik maksudany adalah berita harus menimbulkan rasa ingin tahu, dan ketertarikan dari masyarakat untuk menyimak isi berita tersebut. Peristiwa yang menarik dan diminati oleh masyarakat biasanya bersifat menghibur, aneh, memiliki unsur kedekatan, mengandung nilai kemanusiaan, mengandung unsur seks, kriminalitas dan konflik

4. Berpengaruh bagi masyarakat luas

Teks berita harus memberikan pengaruh terhadap masyarakat sebagai pendengar

5. Terdapat waktu dan tempat kronologi kejadian

Teks berita biasanya selalu dilengakapi dengan runtutan waktu kapan terjadi dan juga kronologi kejadian atau bagaimana peristiwa yang menjadi berita terjadi.

6. Objektif

Objektif adalah bahwa berita yang disampaikan benar-benar berita sebenarnya tanpa dipengaruhi oleh pandangan atau opini pribadi.

7. Bahasa baku, sederhana, dan komunikatif

Bahasa yang digunakan di dalam teks berita pada umumnya menggunakan bahasa baku sederhana dan komunikatif. Bahasa baku adalah ragam bahasa yang cara pengucapan dan penulisannya sesuai dengan kaidah-kaidah standar. Kaidah standar dapat berupa pedoman ejaan (EYD), tata bahasa baku, dan kamus umum.

Struktur Teks Berita

Struktur teks berita adalah susunan mengenai cara teks tersebut dibangun. Struktur teks berita adalah sebagai berikut:

a. Orientasi Berita

Orientasi berita berisi mengenai pembuka dari suatu peristiwa yang diberitakan. Biasanya terdapat penjelasan singkat mengenai berita tersebut.

b. Peristiwa

Peristiwa berisi mengenai jalannya kejadian dari awal sampai akhir yang didasari pada peristiwa yang terjadi dan dijelaskan berdasarkan fakta dari lapangan.

c. Sumber Berita

Berisi mengenai sumber didapatnya berita tersebut. Biasanya berita yang ditambahkan sumber dituliskan pada media cetak seperti koran, tapi tidak jarang media elektronik juga menyertakan sumber berita terutama di Internet

Pola penulisan Berita

Piramida terbalik adalah salah satu konsep, formula atau struktur penulisan berita atau sebuah acuan baku yang sering digunakan oleh para wartawan untuk menyusun sebuah teks berita.

Penggunaan metode piramida terbalik berkaitan dengan space atau ruang dalam halaman yang disediakan untuk memuat berita. Ketika berita itu terlalu panjang dan tidak cukup untuk dimuat di halaman yang disediakan, maka editor bisa membuang bagian berita itu mulai dari paling bawah atau derajat informasi pentingnya yang paling rendah yang biasanya diletakan di bagian bawah atau akhir berita.

1. Lead / Prioritas Utama Penting

Bagian paling atas adalah Lead atau kepala berita merupakan puncaknya. Pada urutan paling puncak yang menempati derajat prioritas utama pentingnya informasi ini, wartawan harus menuliskan informasi utama. Setidaknya, pada bagian ini wartawan harus menjawab sebagian besar unsur 5 W + 1 H. Kenapa begitu? Jika pemotongan berita yang dilakukan editor karena keterbatasan halaman, berita ini masih memiliki arti dan layak sebagai sebuah berita.

2. Neck / Sangat Penting

Bagian kedua dari atas adalah Neck atau leher berita bagian ini adalah urutan yang sangat penting. Bagian ini disebut neck atau leher karena umumnya merupakan peralihan alur atau penyambung alur ide berita yang ada pada bagian lead atau kepala berita untuk dilanjutkan pada gagasan-gagasan yang tertuang pada bagian berikutnya yang menempati derajat prioritas lebih rendah.

3. Body / Penting

Berikutnya adalah bagian body, umumnya merupakan penjabaran dari gagasan berita yang termaktub dalam lead dan neck. Penjabaran itu bisa merupakan jawaban why (mengapa) dan how).

4. Body Lanjutan / Kurang Penting

dan yang terakhir adalah bagian body lanjutan, bagian ini mencantumkan berbagai data yang tidak terlalu penting ditempatkan. Misalnya daftar nama orang-orang yang mengalami kecelakaan atau hal-hal lain yang jika dihilangkan oleh editor tidak terlalu berpengaruh terhadap substansi atau pokok bahasan berita tersebut.
Kaidah kebahasaan teks berita

Sedangkan kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks berita adalah sebagai berikut:

1. Verba transitif
Verba transitif merupakan verba yang dapat diubah ke bentuk pasif.

Contoh : Pejabat Kementerian Luar Negeri Tiongkok menuduh kapal-kapal asal Vietnam telah lebih dari 1.400 kali menabrak kapal-kapal Tiongkok di dekat lokasi anjungan pengeboran minyak yang kontroversial di Laut Tiongkok Selatan.

2. Verba pewarta
Verba pewarta adalah verba yang mengindikasikan suatu percakapan.

Contoh: Dalam tayangan televisi di Iran, Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araqchi mengatakan bahwa pertemuan di Geneva, Swiss, itu juga membahas sanksi yang telah merusak ekonomi negara yang sangat bergantung pada minyak tersebut.

3. Adverbia atau kata keterangan
Adveria adalah kelas kata yang memberikan keterangan kepada kata lain.

4. Konjungsi temporal
Konjungsi temporal adalah kata hubung yang berhubungan dengan waktu.

Contoh : kemudian, setelah, akhirnya.

5. Kalimat langsung
Kalimat langsung adalah sebuah kalimat yang merupakan hasil kutipan langsung dari pembicaraan seseorang yang sama persis seperti apa yang dikatakannya.

6. Kalimat tidak langsung
Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang melaporkan atau memberitahukan perkataan orang lain dalam bentuk kalimat berita.

7. Bahasa yang digunakan:
Baku dan sederhana
Menarik
Singkat, padat dan lugas
Komunikatif
Netral atau objektif
 

Perbedaan Teks berida dan teks non berita

Teks Berita

  • Faktual dan aktual
  • Dibuat oleh wartawan
  • Susunan piramida terbalik (menjelaskan hal pokok di awal)
  • Bahasa komunikatif
  • Tidak mencantumkan opini pribadi

Teks Non-Berita

  • Faktual
  • Dibuat oleh ahli dalam bidangnya
  • Induktif (hal pokok di akhir)
  • Bahasa sesuai jenis teks
  • Mencantumkan opini pribadi

 

Unsur Peristiwa dalam teks berita

Teks berita selelu melibatkan waktu dan kronologi kejadian atau peristiwa, unsur peristiwa yang digunakan dalam teks berita dikenal dengan 5H sebagai berkut:
  • What Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur what, yaitu berisi pernyataan yang dapat menjawab pertanyaan apa.
  • Who Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur who, yaitu disertai keterangan tentang orang-orang yang terlibat dalam peristiwa.
  • When Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur when, yaitu menyebutkan waktu kejadian peristiwa. 10
  • Where Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur where, yaitu berisi deskripsi lengkap tentang tempat kejadian.
  • Why Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur why, yaitu disertai alasan atau latar belakang terjadinya peristiwa. 6) How Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur how, yaitu dapat dijelaskan proses kejadian suatu peristiwa dan akibat yang ditimbulkan.

Teknik Membacakan Berita

Teks berita harus didukung oleh penyampaian atau cara membacakan berita yang dapat mendukung unsur-unsur daya tarik berita tersebut, Teknik membacakan berita adalah sebagai berikut:

1. Lafal

Lafal adalah suatu cara seseorang atau sekelompok orang dalam mengucapkan bunyi bahasa. Bunyi bahasa Indonesia meliputi Vokal, konsonan, diftone, gabungan konsonan.

2. Tekanan/Nada

Tekanan atau nada adalah tinggi rendahnya pengucapan suatu kata. Dalam hal ini nada berfungsi untuk member tekanan khusus pada kata-kata tertentu

3. Intonasi

Intonasi adalah naik turunnya lagu kalimat. Intonasi berfungsi sebagai pembentuk makna kalimat

4. Jeda

Jeda adalah perhentian lagu kalimat. Jeda terbagi ke dalam 3 jenis yaitu :
Jeda panjang ( . ) titik
Jeda sedang ( , ) koma
Jeda pendek ( _ ) spasi

5. Volume

Volume suara adalah takaran perlahan atau kerasnya suara yang dikeluarkan 6. Tempo Tempo adalah lambat atau cepatnya pembacaan sebuah berita

Apa itu 5WH1?

Dalam proses penggalian atau penyajian berita, biasanya wartawan berpedoman pada rumus 5WH1. Apa itu 5WH1 dalam berita? Sebenarnya, 5WH1 adalah singkatan yang memuat tentang 6 pertanyaan dasar yang membentuk terciptanya sebuah berita. Pertanyaan-pertanyaan dasar tersebut yaitu; what, where, when, who, why, dan how. Berikut ini penjelasannya satu per satu:
  • What: Peristiwa apa yang diinformasikan
  • Where: Dimana peristiwa tersebut terjadi
  • When: Kapan peristiwa tersebut terjadi
  • Who: Siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut
  • Why: Mengapa hal tersebut bisa terjadi
  • How: Bagaimana peristiwa itu terjadi
Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan diatas yang kemudian dikemas menjadi berita.
 

Contoh Teks Berita

Contoh Teks Berita tentang Kebakaran

Kebakaran Landa Pasar Sukaramai Pekanbaru

Kebakaran terjadi di pasar Sukaramai Pekanbaru Riau, Selasa sore (8/12/15) membuat panik pedagang yang berusaha menyelamatkan barang dagangan mereka. (What, Where, When)

Api menghanguskan kios dan toko pedagang di lantai dasar. Petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api karena terhambat kepulan asap hitam. (What, Why)

Untuk memadamkan api petugas berusaha menembus ruangan yang terbakar di lantai dasar. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polresta Pekanbaru. (How, Why)
 

Contoh Teks Berita tentang Politik

Temukan Pelanggaran, KPU Poso Gelar Pemilihan Ulang

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menggelar pemilihan ulang pada Sabtu, (12/12/2015), menyusul temuan pelanggaran saat tanggal 9 Desember lalu. (What, When, Why)

Sebanyak 549 pemilih di TPS 3 di salah satu kelurahan di Kecamatan Poso Kota Utara memilih ulang. (Where)

Panwaslu Kabupaten Poso mengatakan pemilihan ulang diputuskan setelah ada pelanggaran oleh salah seorang pemilih yang menerima lebih dari 1 surat suara (Why)

Dalam pemilihan ulang penyelenggara juga mengganti ketua dan seluruh anggota KPPS. Pelaksanaan pemilihan ulang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Poso yang di ikuti 4 pasangan berjalan dengan lancar dengan penjagaan dari aparat kepolisian. (How)
 

Contoh Teks Berita tentang Banjir

Puluhan Hektare Tambak dan Sawah di Lamongan Terendam Banjir

Puluhan hektar lahan tambak dan tanaman padi di dua Kecamatan di Lamongan Jawa Timur terendam banjir akibat jebolnya tanggul sungai Pelalangan. Tambak dan lahan padi yang terendam ini membuat petani merugi. (What, Where)
Tanggul sungai Pelalangan di Desa Plosowahyu Kecamatan Lamongan Jawa Timur, Senin malam (15/12/15) jebol setelah diterjang banjir akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Lamongan Selatan. Tanggul sungai jebol sepanjang 10 meter sehingga membuat air menggenangi puluhan hektar lahan tambak dan tanaman padi di Kecamatan Lamongan dan Kecamatan Turi. (When, Why)

Menurut salah seorang petani, tanggul mulai jebol sekitar jam 09.00 malam akibat luapan sungai Pelalangan yang terus meluber. Jebolnya tanggul ini merupakan yang kedua kalinya terjadi. Bahkan, tahun lalu rumah warga juga sempat terendam banjir. (How)

Para petani di Desa Plosowahyu merasa resah karena sejumlah titik tanggul di desanya juga mulai retak-retak-retak dan rawan jebol. Mereka hanya berharap pemerintah Kabupaten Lamongan segera memperbaiki tanggul agar petani tidak terus merugi. (Who)

Akibat banjir yang merendam lahan tambak dan tanaman padi ini, petani mengalami kerugian hingga jutaan rupiah. (Who)
 

Contoh Teks Berita tentang Kriminal

Polisi Bongkar Sindikat Penjual Sabu di Bekasi

Sindikat penjualan narkoba jenis sabu berhasil dibongkar oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Kota Bekasi, Jawa Barat. Senin (14/12/2015). (What, When, Where)

Dari operasi ini polisi berhasil menangkap empat orang tersangka dan menyita 13 kg sabu. Pengungkapan ini berawal dari penangkapan tersangka berinisial DK di Jembatan Caman Kelurahan Jati Bening, Bekasi. (What, How, Who).

Dari tangan tersangka pihak kepolisian berhasil menyita 1,24 gram sabu. Dari pengembangan kasus polisi berhasil mengungkap pengedar berinisial RD di wilayah Johar Baru, Jakarta Pusat. (What, Why)

Polisi berhasil menyita 24 bungkus plastik sabu dengan berat total 13 kg atau setara dengan Rp. 19,5 milyar. Pengedar RD adalah mantan residivis dengan kasus yang sama. (What, Who)
Contoh Teks Berita dalam Bahasa Inggris

Contoh Teks Berita tentang Kecelakaan

Selasa 15/12/2015 di Medan.
Keluar Jalur, Kereta Api Sri Lelawangsa Tabrak Tembok Pembatas Rel

Empat rangkaian gerbong kereta jurusan Medan-Binjai keluar dari jalur dan menabrak tembos pembatas rel di kawasan Jalan M.T Haryono kota Medan, Selasa (15/12/2015) (What, Where, When)

Peristiwa ini membuat warga setempat panik, pasalnya rangkaian kereta ini tiba-tiba memasuki jalur rel yang telah lama ditutup atau tidak difungsikan lagi.

Kereta penumpang Sri Lelawang Syah jurusan Medan-Binjai ini melaju kencang hingga pindah ke jalur kosong yang buntu dan tidak terintegrasi ke jalur lainnya sehingga menabrak tembok pembatas yang berada sekitar 100 meter dari stasiun besar kereta api Medan. (How)

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Di duga kereta tiba-tiba berpindah jalur karena ada kelalaian operator. Namun, kepala stasiun besar kereta api Medan, Nahruddin, yang tiba dilokasi kejadian belum memberikan keterangan terkait penyebab kecelakaan ini. (Why, Who)
 

Contoh teks berita bahasa Inggris

 The Postponing of Death Execution

Dead execution to drug dealers from Australia was delayed due to technical problems, not because of protests by Australia and Brazil to Indonesia. The execution will definitely be implemented by the Indonesian government in the near future.

"The execution is delayed due to some technical problems. There is no intervention or pressure from foreign country. Even if there are pressures, we will not fear and do it anyway. It is not a problem for us," said Attorney General HM Prasetyo at the attorney general’s office on Monday (23 / 2/2015).

Prasetyo explained that the technical problems are the lack of coordination between agencies, unpreparedness of the place, and the lack of facilities in Nusakambangan. The execution will be carried out, if all these problems can be overcome.

"If the issue is completed on March, we will do the execution soon," added Prasetyo.

Government’s assertiveness toward convict of drug abuse caused tension between Indonesia and the country which is its people will be executed in Indonesia, particularly Australia and Brazil. Nevertheless, the government will not be afraid to face it.

"It is part of the diplomatic relations. There is no problem in our diplomatic relations with others countries. We will continue to run what has become law in our country," Prasetyo convinced.

Sumber : 
http://referensisiswa.blogspot.co.id/2017/02/teks-berita-pengertian-struktur-pola.html
http://www.ilmusiana.com/2015/12/5-contoh-teks-berita-sesuai-kaidah-5wh1.html
Share:

Arsip Blog