Percetakan & Sablon, Cetak Undangan, Kartu Nama, Cetak Foto Media Kayu, Gantungan Kunci Bambu, Pin & Bros, Plakat, Sablon Mug, Sablon Kaos, Sablon Topi, Dll. WA : 0878 2019 7027 Email: pangrangoprint@gmail.com

1/25/2017

Macam - Macam Perangkat Keras (Hardware) Komputer

 

TUGAS TIK

 Macam - Macam Perangkat Keras (Hardware) Komputer



Komputer adalah Suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan serta bekerja secara otomatis.


Komputer terdiri dari 3 komponen yaitu:


1. Hardware(Perangkat keras)
Yaitu komponen komputer yang dapat dilihat secara fisik, dapat dipegang dan dipindahkan.

2. Software(Perangkat lunak)
Yaitu program atau aplikasi komputer yang memungkinkan sebuah komputer dapat menjalankan sebuah tugas tertentu. Contoh: Windows, Linux. Macintosh, Microsoft Office, Photoshop, Winamp dan lainnya.

3. Brainware(user/pengguna)
Yaitu Pengguna atau user yang menjalankan komputer(manusia)


PERANGKAT KERAS(HARDWARE)
a. Perangkat Keras masukan(input device)
Adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah baik berupa teks, gambar maupun suara.

Yang termasuk input device:

1. Keyboard(Papan Ketik)
Alat input yang berfungsi untuk memasukkan data berupa teks atau memberi perintah kepada komputer dengan cara menekan tombol pada keyboard. 


2. Mouse(pointer)
Adalah penunjuk berupa tanda panah yang berupa untuk mengarahkan, memilih dan menjalankan perintah. 


3. Touchpad, pointing stick
Yaitu pointing device berupa alas/pad yang sensitif dengan sentuhan jari. 


4. Scanner
Adalah alat bantu untuk memasukkan data yang berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks. 


5. Touchscreen
Yaitu pemasukan data atau perintah pada jenis komputer tertentu dapat dilakukan dengan menyentuh menu di layar monitor atau touchscreen. 


6. Kamera digital/Webcam
Kamera digital berfungsi memasukkan data berupa gambar dengan ukuran tertentu . Dalam komputer jaringan digunakan kamera digital yang dikenal dengan istilah webcam(biasanya digunakan untuk melakukan komunikasi melalui jaringan internet seperti chatting). 


7. Joystick
Adalah peralatan yang dirancang khusus untuk digunakan dalam mengontrol gerak dan aksi pada program permainan atau game komputer. 


8. TV Tuner
Adalah sebuah card atau kartu yang dipergunakan agar komputer dapat menampilkan siaran televisi. Pada perkembangannyaTV tuner berupa TV tuner eksternal via USB. 

9. Mikrofon
Alat yang ditambahkan untuk memasukkan data berupa suara atau audio. 


10. Magnetic Card Reader
Adalah alat memasukkan data dengan cara membaca kartu magnetic yang digesekkan atau diselipkan pada alat tersebut.

b. Perangkat Keras Pemrosesan data
Yaitu alat yang berfungsi memproses data masukkan yang diterima oleh komputer sehingga dihasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan.

1. CPU(Central Processing Unit)
Adalah bagian komputer yang khusus bertugas melakukaan pemrosesan data. CPU juga disebut microprocessor atau processor, fungsi processor adalah melakukan operasi aritmetika dan logika terhadap data yang diambil dari memori dan perangkat keras masukkan.

Di dalam CPU terdapat beberapa pusat pengolahan sebagai berikut:
a. Arithmatic Logical Unit(ALU)
Berfungsi melakukan perhitungan matematika dan keputusan-keputusan logika.
b. Control Unit(CU)
Berfungsi mengatur proses kerja komputer, baik di dalam CPU maupun mengawasi peralatan input dan output, mengatur pemasukan data dari internal memori serta mengendalikan data selama proses berlangsung.
c. Memori
Merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi atau data sementara sebelum atau setelah diproses oleh processor.
Memori terdiri dari ROM(Read Only Memory) yaitu memori data tetap/tidak berubah dan RAM(Random Access Memory) yaitu memori data sementara.

2. Motherboard
Adalah sebuah alat berupa papan elektronik yang di dalamnya terdapat banyak sekali transistor, konduktor, resistor dan alat-alat elektronik lainnya. Bagian in merupakan papan induk perangkat paling utama sebagai tempat bergantungnya komponen-komponen komputer seperti Microprocessor, chipset, memory, BIOS, Expansion slots untuk hardisk, CD ROM, Video card dan lainnya.

3. Video Graphic Adaptor(VGA)
Yaitu bagian perangkat keras yang berfungsi mengolah tampilan atau output pada layar monitor.

4. Sound Card
Yaitu komponen pada komputer yang berfungsi sebagai pengolah suara. Data suara diproses oleh kartu suara ini kemudian outputnya dapat didengar melalui speaker.

c. Perangkat Keras Penyimpanan
Adalah Perangkat yang diguanakan sebagi media penyimpanan hasil input.

1. Hardisk
Merupakan media penyimpanan komputer dengan kapasitas yang besar mulai dari ratusan megabyte hingga ratusan gigabyte. Hardisk terletak di dalam CPU. Jenis hardisk ada 2 macam Hardisk IDE dan Hardisk SATA.

2. Compact Disk(CD)
Adalah piringan optikal yang digunakan sebagai media penyimpanan data.

3. Disket
Media penyimpanan praktis dengan kapasitas sangat kecil yaitu 1,44 MB.


4. Flash disk
Media penyimpanan praktis dengan ukuran kecil tetapi kapasitasnya cukup besar(1 Gb, 2, GB, 4Gb, 8 Gb, 16 Gb, bahkan ada yang sampai 32 Gb). Media ini dapat digunakan melalui port USB.

5. Memory Card
Merupakan perangkat penyimpan data secara elektronis dalam bentuk kartu flash memory.

d. Perangkat Keras Keluaran
Adalah alat yang berfungsi menampilkan hasil pemrosesan data oleh komputer.

1. Monitor
Alat output yang berguna untuk menampilkan informasi di layar.

2. Printer
Perangkat pencetak dari proses input yang dilakukan penggunanya dalam bentuk hasil di kertas.

3. Speaker
Yaitu perangkat keras yang dapat memberikan output berupa suara yang dapat didengarkan.

4. Proyektor
Adalah alat yang berfungsi memproyeksikan atau memancarkan data atau slide yang bersumber dari komputer, DVD player, televisi atau media lain yang sudah dicetak.

e. Perangkat Tambahan lain

1. Stabilizer
Perangkat ini digunakan sebagai perantara antar catu daya listrik PLN dengan komputer agar listrik yang mengalir ke perangkat komputer selalu stabil dan arusnya tidak naik turun.

2. Modulator/Demodulator/Modem
Yaitu bagian hardware yang memproses sinyal analog menjadi digital atau sebaliknya, memproses data digital menjadi sinyal analog. Modem digunakan untuk melakukan koneksi internet.

3. UPS(Uninteruptable power supply)
Perangkat yang berfungsi sebagai penyedia daya sementara saat listrik dari sumber daya utama (PLN) padam. Alat ini digunakan untuk mengantisipasi listrik padam sehingga sewaktu listrik padam data masih dapat disimpan dan komputer dapat dimatikan dengan prosedur yang benar melalui shutdown.

4. Ethernet Card/NIC Kartu jaringan/alat yang digunakan untuk memproses sinyal jaringan komputer. Seperti untuk menghubungkan satu komputer dengan lainnya (LAN) dapat mengguanakan alat ini.

Sumber : http://mtedipanji-9i.blogspot.co.id/2013/08/tik-kelas-7-smpmts-hardwareperangkat.html
Share: