Percetakan & Sablon, Cetak Undangan, Kartu Nama, Cetak Foto Media Kayu, Gantungan Kunci Bambu, Pin & Bros, Plakat, Sablon Mug, Sablon Kaos, Sablon Topi, Dll. WA : 0878 2019 7027 Email: pangrangoprint@gmail.com

3/16/2017

Contoh Teks Paragraf Persuasi


Pengertian dan Contoh Paragraf Persuasi



Pengertian Paragraf persuasi 

Paragraf persuasi adalah paragraf yang isinya berupa ajakan, atau himbauan kepada para pembacanya supaya mau melakukan seperti apa yang diutarakan oleh penulisnya.


Pada paragraf persuasi biasanya membutuhkan fakta – fakta yang bisa dipercaya sehingga tulisan yang dibuat bukan sembarangan paragraf persuasi.

Contoh Paragraf persuasi

Marilah tanamkan jiwa tolong menolong

Manusia adalah makhluk sosial yang berarti tidak bisa hidup sendiri. Kita pasti membutuhkan bantuan orang lain untuk melakukan semua urusan kita di dunia ini, dimulai dari ketika kita lahir hingga kita menemui ajal kita. Selain itu, pekerjaan yang dilakukan bersama – sama akan terlihat mudah. Seperti kata pepatah, “berat sama dipikul, ringan sama di jinjing.” Meskipun ada beberapa pekerjaan yang bisa kita lakukan sendiri, tetapi pekerjaan itu akan terasa berat dan hasilnya kurang memuaskan. Namun, jika kita saling membantu, maka pekerjaan itu akan terasa sangat mudah dengan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu, marilah kita tanamkan jiwa saling tolong menolong antar sesama agar semua pekerjaan menjadi lebih mudah.

Ayo hidup sehat

Dewasa ini banyak sekali penyakit baru yang bermunculan. Hal ini dikarenakan berkurangnya sistem imun di dalam tubuh kita. Jika sistem imun di dalam tubuh melemah, maka tubuh gampang sekali terkena penyakit. Selain itu, makanan – makanan yang kita konsumsi tidak lagi mengandung vitamin dan mineral yang baik. Bahkan, saat ini telah banyak penjual makanan – makanan yang tidak sehat. Terlebih lagi dengan padatnya aktivitas membuat kita tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Padahal oaharaga sangatlah baik untuk kesehatan kita. Akibatnya, tubuh menjadi lemah sehingga mudah terjangkit virus – virus yang ada di sekitar kita. Oleh karena itu, marilah kita menerapkan pola hidup sehat agar kita tidak mudah sakit dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga yang rutin.

Ayo Belajar yang Giat

Sebagai seorang pelajar, tugas kita adalah belajar. Bukanlah bekerja apalagi bermain. Mengapa kita harus belajar ? Kita belajar demi diri kita sendiri bukan orang lain. Apabila kita tekun dalam belajar, kita akan menjadi orang yang berilmu. Tahukah Anda ? Jika kita berilmu, maka hidup kita akan menjadi mudah. Kita tidak perlu lagi susah – susah mencari pekerjaan karena pekerjaanlah yang akan mencari kita. Selain itu, dengan ilmu kita juga akan menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Ada hadits yang mengatakan sebaik – baiknya orang di muka bumi ini adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain. Bahkan dengan menjadi orang yang berilmu kita bisa menguasai dunia. Contohnya adalah para penemu – penemu yang namanya sudah sangat terkenal adalah orang berilmu. Oleh karena itu, ayo belajar dengan giat ! karena dengan belajar yang giat, kita akan mudah mengggapai cita – cita.

Jauhilah Narkoba dan Minuman Keras

Narkoba dan minuman – minuman keras adalah dua hal yang sangat berbahaya di muka bumi ini. Mereka bisa membuat masa depan kita semua hancur. Narkoba dan minuman keras akan menjerat kita dengan menawarkan kesenangan sementara. Tetapi, jangan tertipu olehnya karena itu semua adalah tipu daya yang sangat berbahaya. Mereka sebenarnya membuat kita kecanduan bahkan sakau. Apabila kita telah menjadi ketergantungan dengan kedua jenis barang ini, maka jangan harap untuk keluar darinya. Akibatnya, masa depan akan menjadi hancur bahkan akan merenggut nyawa kita. Oleh karena itu, jauhilah kedua benda ini dan jangan sekali – kali menyentuh apalagi memakainya.
Contoh 3

Mari Lestarikan Alam Kita

Saat ini alam telah rusak akibat keserakahan umat manusia. Mereka hanya memanfaatkannya dengan mengambil hasilnya tanpa ikut melestarikan. Akibatnya, banyak bencana alam yang terjadi karena rusaknya alam ini. Contohnya bencan tanah longosr yang terjadi beberapa minggu yang lalu di desa Suka Maju. Bencana itu adalah ulah para penebang – penebang kayu. Mereka dengan seenaknya mengambil kayu di hutan tanpa menanamnya kembali. Akibatnya, tanah kehilangan kekuatannya sehingga amblas terkena air hujan dan mengubur pemukiman warga. Oleh karena itu, agar alam tidak murka dan menyebabkan bencana lagi, marilah kita lestarikan alam kita dimulai dari langkah kecil, yaitu membuang sampah pada tempatnya. Apabila tidak sangup melakukannya, setidaknya janganlah ikut merusak.
Sumber : http://www.prbahasaindonesia.com/2015/11/5-contoh-paragraf-persuasi-singkat.html


Share: